Dinsos Banten Serahkan Bantuan Logistik Pada Korban Kebakaran Baduy

SERANG I DBC — Dinas Sosial Provinsi Banten merespon cepat bencana kebakaran yang menghanguskan 38 rumah warga suku Baduy di Kampung Kadugede, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak dengan menerjunkan tim evakuasi sekaligus menyerahkan bantuan logistik.

Kasi PSKB Dinsos Banten, Irma Muliasari mengungkapkan saat kejadian Dinsos Banten langsung mengerahkan pasukan Tagana dibantu KSB terdekat guna membantu melakukan evakuasi terhadap warga Baduy yang rumahnya terbakar.

“Kemudian paska kebakaran, kami menurunkan tim untuk menyerahkan bantuan logisitik berupa beras, lauk pauk, paket ABCD, sabun mandi, tenda gulung dan lain sebagainya. Ini nih (tim-red) dari yang semalam baru saja mereka datang dari lokasi kebakaran di Baduy Kabupaten Lebak Banten,” kata Irma di kantornya, Gedung B Dinsos Banten, Jl. Syech Nawawi Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Kemarin.

Irma menuturkan, awalnya tim Dinsos Banten akan membangunkan tenda, entah kenapa mereka tidak mau. Bahkan, kata Irma, bantuan tenda dari BPBD saja tidak ditempati. “Kalau soal alasannya saya juga tidak tahu persis, mungkin karena kearifan lokal setempat. Apakah misalnya kurang nyaman dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Irma Muliasari, Kasi PSKB Dinsos Banten

Untuk langkah selanjutnya, Irma mengaku sudah melakukan koodinasi awal melalui pesan WhatsApp agar 38 rumah warga Baduy yang hangus itu mendapat bantuan perbaikan dari Pemerintah Pusat melalui Kementian Sosial RI.

” Karena (bencana kebakaran-red) ini menyangkut 38 rumah, kita upayakan Kemensos bisa melakukan perbaikan, sebab kalau lebih dari 30 rumah biasanya Kemensos siap menghandle. Sekarang kami bersama Kemensos tengah melakukan assesment langsung di lokasi bencana,” ucapnya.

Sementara itu, Tokoh adat Baduy Jaro Tanggungan 12 Ayah Saidi Putera mengatakan agar masyarakat yang rumahnya hangus terbakar untuk menyadarinya sebagai musibah dan ini sudah takdir sehingga dapat menerimanya.

“Kami sangat membutuhkan bantuan untuk membangun kembali rumah biarpun sederhana,” kata Jaro Saidi.

Bantuan yang telah disalurkan Dinsos Banten kepada masyarakat korban kebakaran berupa bantuan beras 1 ton, tenda gulung 120 buah, paket ABCD 120, paket lauk pauk 120, paket mandi 60 dan lain sebagainya. (ade gunawan)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *