E.A Deni Hermawan : Komitmen Benahi Karakter Pegawai

SERANG I DBC — Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan unsur penting dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan. ASN juga sebagai “mesin“ birokrasi yang menggerakkan sumberdaya yang tersedia untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pemerintahan.

Disisi lain, ASN menjadi pelopor dalam mensukseskan pembangunan untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana dicita-citakan bersama.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPRD Provinsi Banten, E. A. Deni Hermawan saat berbincang dengan wartawan dinamikabanten.co.id di Loby Utama Gedung DPRD Banten, Jl. Syech Nawawi Al Bantani, Curug, Kota Serang, Rabu (28/8/2019).

Deni mengajak kepada seluruh ASN yang ada khususnya di lingkungan DPRD dan umumnya Pemerintahan Provinsi Banten untuk bersama sama membangun ASN yang berkarakter.

“Sumber daya apapun, sehebat apapun yang dimiliki oleh suatu daerah, contohnya di Provinsi Banten, berpulang kepada bagaimana karakter orang yang menggerakannya,” katanya.

Lebih lanjut Deni mengatakan bahwa memang butuh waktu untuk mewujudkan ASN yang berkarakter karena bergantung kepada latar belakang pendidikan dan sikap heterogen dari ASN itu senderi.

“Memang perlu waktu untuk mewujudkan itu, akan tetapi harus ada upaya akselerasi, karena pembangunan di Banten tidak akan maju sesuai harapan kalau karakter tidak kita benahi,” ungkapnya.

Untuk menghasilkan sumber daya ASN yang unggul, dinamis, dan sesuai dengan tuntutan kondisi pembangunan, sambung Deni, maka diperlukan perubahan paradigma manajemen kepegawaian yang sebelumnya lebih menekankan kepada hak dan kewajiban individual pegawai ke arah perspektif baru yang lebih menekankan kepada manajemen pengembangan Sumber Daya Manusia yang strategis (strategic human resource management) menuju pelayanan yang baik kepada para pimpinan dan anggota legislatif serta masyarkat umum.

“Saya mengajak kepada kawan-kawan untuk lebih meningkatkan profesionalitas dimulai dari diri sendiri, contoh dalam lingkup kecil saya mengharuskan temen temen untuk ikut apel pagi, sesungguhnya karakter yang ingin saya bangun adalah disiplin, disiplin itu adalah modal untuk segala hal apalagi kita adalah lembaga pelayanan,” tambahnya lagi.

Sebagai seorang ASN dirnya juga berkomitmen untuk memajukan dan mengembangkan sistem manajemen ASN yang efektif dan efisien sebagai pendorong peningkatan profesionalitas aparatur pemerintahan dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara terkait dengan harmonisasi lingkungan Setwan, Deni menjelaskan hal tersebut paling tidak harus ada komunikasi antar sesama rekan kerja baik bawahan maupun atasan serta sesama kolega.

“Satu keyakinan manusia pasti memiliki kelemahan tapi juga ada kelebihan, konfigurasi didalam sebuah sistem kelemahan orang tersebut bisa ditutupi dengan kelebihan orang lain,” jelasnya. (ade gunawan)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *