Dinobatkan Sekolah Rujukan, SMAN 3 Kota Serang Miliki Segudang Prestasi

SERANG I DBC — SMA Negeri 3 Kota Serang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai SMA Rujukan sejak tahun 2018 dan 2019 di Kota Serang. Penunjukkan ini telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, diantaranya pelaksanaan Kurikulum 2013, terakreditasi A, serta memiliki praktik-praktik baik dan inovasi pendidikan yang layak dijadikan sebagai rujukan SMA lain.

Kepala SMA Negeri 3 Kota Serang, Nurdiana Salam, Jumat (2/8) mengatakan, penunjukkan dua tahun berturut-turut ini tak lepas juga atas pertimbangan prestasi akademik maupun non akademik yang telah banyak di raih selama ini, baik lokal, nasional, hingga internasional.

“SMA Rujukan itu tak lain adalah SMA yang telah memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan atau SNP, dalam mengembangkan ekosistem sekolah yang nyaman sebagai tempat belajar, mengembangkan praktek terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi, baik akademik maupun non akademik,” jelasnya saat ditemui dinamikabanten.co.id di sekolah yang beralamat di Jl. Taktakan Km 5 Desa Panggungjati, Kec. Taktakan, Kota Serang.

“Kemendikbud itu memberikan tiga level penetapan istilah pada satuan pendidikan. Pertama ada sekolah Standar, kemudian sekolah Model dan yang tertinggi itu adalah sekolah Rujukan atau Zonasi,” bebernya.

Nurdiana Salam menjelaskan, ada beberapa program yang sudah dilaksanakan SMA Negeri 3 Kota Serang sebagai SMA Rujukan, diantaranya pengembangan profil SMA Rujukan, peningkatan mutu pemenuhan SNP, penumbuhan budi pekerti, pengembangan muatan lokal, pengembangan kewirausahaan, pengembangan literasi sekolah, penyelenggaraan sekolah aman, serta pembinaan prestasi akademik dan non akademik.

Seiring dengan perkembangan fisik yang dimiliki berkat bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Banten, sambung Nurdiana, kita tengah mengembangkan program sekolah dalam taman yang disampaikan dalam profile sekolah.

Pihaknya bersyukur selama dua tahun ini sekolahnya masih ditunjuk sebagai SMA Rujukan di Kota Serang, karena memang lulusan atau alumninya berkualitas dan banyak diterima perguruan tinggi negeri dan swasta pavorit hingga lebih dari 80 persen.

Selain dinobatkan sekolah rujukan, sekolah yang mengusung visi “Mewujudkan  peserta didik  yang  agamis,  berakhlak mulia,  unggul  dalam  prestasi,  berbudaya lingkungan,  tampil  sebagai  teladan” ini rupanya telah ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten. “Alhamdulillah dua tahun kemarin, kita sudah mencapai target sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten,” ujarnya.

Selain itu, banyak pula siswa berprestasi, dan yang paling membanggakan adalah sekolah berjargon ‘JUARA’ ini juga menjadi langganan juara umum dalam gelaran FLS2N dan O2SN Tingkat Kota Serang.

“Selanjutnya, SMA Negeri 3 Kota Serang sebagai sekolah Rujukan sudah melaksanakan pengimbasan dan menjadi sumber inspirasi, serta pendampingan bagi SMA lain di Kota Serang untuk menumbuhkan pendidikan yang bermutu. Jadi, harapan kami di tahun berikutnya SMA lain di Kota Serang bisa ditunjuk SMA Rujukan,” ucapnya.

Pengimbasan sendiri adalah Program Pengembangan Sekolah Model dan Sekolah Imbas Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dirancang untuk mengembangkan beberapa satuan pendidikan yang akan menjadi model penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri, sehingga dapat dijadikan sebagai model bagi satuan pendidikan lain yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan.

Nurdiana Salam juga mengaku bangga terhadap potensi bakat yang dimiliki siswa/i-nya sehingga setiap tahun pihaknya bisa mengirimkan utusan dalam pemilihan Kang Nong Tingkat Kota Serang dan Provinsi Banten.

Setelah berbicara banyak terkait capaian penghargaan sekolah dan prestasi siswa, tak kalah menarik Nurdiana Salam mengurai prestasi yang juga pernah diraih oleh kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan.

“Jika tadi saya sudah membeberkan satu persatu prestasi sekolah dan siswa, perlu diketahui bahwa kepala sekolahnya juga alhamdulillah pernah dinobatkan sebagai Kepala Sekolah Terbaik, walaupun tingkat Kota Serang, lalu guru-gurunya juga disini banyak guru yang berprestasi dan baru-baru ini Kepala TU SMA 3 Kota Serang mendapat penghargaan sebagai Kepala TU SMA Berprestasi, malah mau mencapai tingkat naisonal,” tuturnya.

Semoga SMA Negeri 3 Kota Serang ini terus berkembang dan maju. Untuk itu, sambungnya kita minta khususnya kepada wali siswa dan seluruh warga Kota Serang untuk memberikan dorongan dan supportnya. (Ade Gunawan)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *