Camat Pabuaran Lantik BPD Pancanegara

SERANG I DBC — Bertempat di Aula Desa Pancanegara, telah digelar pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pancanegara periode tahun 2019-2025 yang di hadiri oleh Camat, Kapolsek, Babinsa, Perangkat Kecamatan Pabuaran dan Kepala Urusan Agama sebagai rohaniawan serta tokoh masyarakat desa setempat.

Acara pelantikan BPD dipimpin langsung oleh Camat Pabuaran. Dalam sambutanya Camat Yani Setiya Maulida menyampaikan ucapan selamat kepada panitia penyelenggara karena proses pemilihan dan pelantikan BPD Desa Pancanegara berjalan lancar, sukses dan sesuai prosedur yang berlaku.

“BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karenanya anggota BPD diisi berdasarkan keterwakilan wilayah/kampung dan unsur persempuan yang ada di desa tersebut. Anggota BPD Pancanegara terpilih berjumlah 9 orang,” katanya.

Camat Pabuaran menambahkan “Badan Permusyaratan Desa (BPD) mempunyai 3 (tiga) kewenangan pokok yaitu : pertama, menyusun dan menetapkan rancangan peraturan desa bersama kepala desa, kedua melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, ketiga menjaring aspirasi masyarakat kedusunan masing-masing” ujarnya.

Camat Pabuaran juga mengingatkan bahwa tahap pertama yang mesti dilakukan BPD setelah pelantikan adalah membentuk kepengurusan BPD melalui surat keputusan ketua BPD dan disahkan oleh camat. Kepengurusan dimaksud terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bidang-bidang dan anggota. Selanjutnya setelah kepengurusan terbentuk BPD tidak serta merta langsung bekerja, akan tetapi harus membuat tata tertib BPD sebagai dasar pedoman pelaksanaan tugas-tugas BPD.

Secara khusus Camat Pabuaran juga menyampaikan, bahwa tugas berat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat oleh BPD adalah pemilihan kepala Desa serentak yang akan digelar beberapa bulan akan datang.

Di tempat yang sama Kapolsek Pabuaran menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota BPD yang baru semoga mengemban amanah tersebut selalu membawa aspirasi masyarakat dan menekankan ketika di acara pilkades nanti BPD harus bersikap netral agar acara pilkades tersebut berjalan tentram, aman dan lancar sesuai harapan kita semua.

Sementara itu, Pjs. Kepala Desa Pancanegara, Endin Saefudin berharap pengurus BPD yang baru dilantik ini bisa bekerja sama dengan masyarakat desa pancanegara dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Saya sebagai Pjs akan menjalankan tugas sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) saya sebagai mana yang sudah di atur dalam peraturan pemerintahan desa. Yang pasti, sambung Endin, saya akan melakukan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat desa Pancanegara. (ade gunawan)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *