Berikan KIA di SMPN 6 Kota Serang, Syafrudin Ingatkan Pentingnya Peran Guru

SERANG | DINAMIKA BANTEN – Pentingnya memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak di bawah usia 17 tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memberikan KIA kepada siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kota Serang, Kamis (8/3/2023).

Pemberian KIA tersebut dilakukan secara simbolis usai melaksanakan apel bersama para guru di SMPN 6 Kota Serang, Kecamatan Taktakan.

Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang kegiatan apel tersebut sebagai salah satu upaya dalam mensosialiasikan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) di lingkungan sekolah.

Saat pimpin apel, Walikota Serang Syafrudin mengatakan keberadaan P2TP2A sangat penting dalam menjaga keadilan sosial, menghormati hak perempuan dan melindungi serta membimbing anak untuk meningkatkan kualitas diri.

“P2TP2A harus menjadi pusat yang memberikan pelayanan terpadu dan menyeluruh, tidak hanya terkait dengan hukum namun juga pendidikan, rehabilitasi, konseling dan pemulihan bagi korban kekerasan,” katanya.

Syafrudin menjelaskan keberadaan P2TP2A menjadi sebuah wadah untuk melindungi anak anak dan perempuan di Kota Serang.

“P2TP2A serupa dengan sebuah lembaga yang memiliki peran penting dalam melindungi dan memperbaharui perempuan dan anak di kota serang,” jelasnya.

Selain itu, Syafrudin juga mengingatkan pentingnya peran guru dalam mendidik dan mengawal proses keberhasilan siswa-siswi.

“Keberhasilan pendidikan anak anak kita itu tergantung kepada Bapak Ibu guru sebagai tenaga pendidik, karena ilmu pendidikan dan karakteristik dibentuk disekolah,” katanya.

Syafrudin juga mengingatkan peran Kepala Sekolah yang mampu meningkatkan mutu pendidikan.

“Kepala Sekolah juga tentu berperan penting dalam maju dan mundurnya sekolah, kalau Kepala Sekolahnya abai dan masa bodo sudah pasti akan berdampak kepada guru-gurunya yang juga akan abai dalam mendidik anak-anaknya,” ujarnya.

Pelat apel tersebut, penyalaan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Tb. Suherman, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang Anton Gunawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Farach Richi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang (Disdukcapil) Dul Barid, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang, Camat Kecamatan Taktakan Mamat Rahmat dan Forkopimcam Taktakan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *