Belasan Desa di Muncang Lebak Ikut Gema Berbangsa

DBC I Lebak – Sebanyak 12 desa di kecamatan Muncang Kabupaten Lebak mengikuti Gerakan Bersama Tertib Penanggungjawaban Anggaran Desa (Gema Berbangsa) di Aula Kecamatan setempat, Kamis (25/10/2018).

Camat Muncang Lingga Segara mengatakan bimtek penyusunan laporan pertanggungjawaban anggaran desa ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendukung komitmen point 4 rencana aksi bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan Komisi Pemberamtasan Korupsi melaksanakan tata kelola dana desa yang efektif dan akuntabel juga sebagai realiasasi pelaksanaan tugas Diklatpim III tahun 2018.

“Pemdes harus bisa dan mahir dalam menyusun laporan pertanggungjawaban anggaran desa,”kata Lingga kepada wartawan.

Lingga menyebutkan gema berbangsa memiliki tiga kegiatan utama mulai dari bimtek, gema berbangsa keliling desa dan gelar hasil pembangunan desa.

Gema berbangsa, sambung Lingga akan mengecek langsung ke setiap desa terkait dengan laporan pertanggungjawaban anggaran desa juga mengevaluasi penerapan hasil bimtek yang sudah dilaksanakan.

“Ini dilakukan sebagai upaya untuk memotivasi pemerintah desa untuk melaksanakan pembangunan dengan baik, serta dalam rangka peningkatan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa,”jelasnya.

Menurutnya, kegiatan yang diikuti kepala desa, bendahara , kaur keuangan, dan PTPKDes ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aparatur desa dalam bidang pengelolaan dan pertanggungjawaban anggaran desa.

“Saya harap desa dapat memahami dan menerapkan kegiatan Gema berbangsa ini sehingga terususnnya laporan anggaran desa yang tertib dan akuntabel,”imbuhnya. (fahdi / ade gunawan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *