Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19, Kemenag Banten Serahkan 4.250 Paket Sembako

Serang I DBC — Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran COVID-19 Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Banten menyalurkan bantuan sebanyak 4.250 paket sembako kepada masyarakat terdampak ekonomi di tengah wabah Corona.

Secara simbolis, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, H. A. Bazari Syam bersama Kabag TU, H. Mahfudin dan seluruh Kepala Bidang menyerahkan bantuan kepada perwakilan masyarakat sekitar lingkungan Kemenag Banten.

“Kondisi ini sangat memprihatinkan. Dalam kondisi seperti itu, jaring pengaman sosial harus segera disebar pada titik-titik yang tepat. Sasaran yang jelas dan jumlah yang terukur. Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat tentu dapat melakukan itu. Kita harus bersatu,” kata Bazari Syam kepada wartawan, Senin (4/5).

Bantuan berupa paket sembako itu bersumber dari dana donasi ASN Kemenag Provinsi Banten. Prosesi penyerahan bantuan berlangsung di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten dengan tetap menjalani protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Bazari mengatakan jumlah masyarakat positif COVID-19 sangat banyak. Virus bisa menyerang siapa saja, tidak pandang strata sosial, agama, jabatan, dan jenis kelamin.

Selain aspek kesehatan, kata dia, corona juga berdampak pada aspek ekonomi. Adanya pembatasan interaksi secara fisik dalam rangka pencegahan penularan COVID-19 berdampak pada aktivitas perdagangan, kegiatan industri, pelayanan lembaga pemerintahan, pasar tradisional dan modern, dan kegiatan lainnya.

Akibat dari itu, pendapatan dan daya beli masyarakat turun drastis. Tak terkecuali para penyuluh honorer, guru agama honorer, staf honorer dan petugas-petugas lainnya yang menjadi bagian keluarga besar Kemenag Banten juga turut terdampak. “Mereka juga menjadi prioritas untuk kita perhatikan,” ucapnya.

Untuk sementara, kata Bazari bantuan sembako yang kita salurkan sebanyak 4.250 paket. Tapi tidak menutup kemungkinan besok atau lusa bantuan akan terus kita lakukan. “Karena kita berkeinginan sampai 20.000 paket bisa kita salurkan,” katanya.

“Saya berharap, kita terus menyelenggarakan kegiatan semacam ini sebagai wujud kontribusi kita terhadap Ibu Pertiwi yang tengah berduka. Kita jangan pernah lelah untuk melakukan perbaikan dan kepedulian. Semoga Allah senantiasa meridhoi usaha baik kita semua,” katanya.

Penulis : dinamikabanten.co.id

Editor : Ade Gunawan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *