ANBK di SDN Cikande Permai Sesuai Juknis

SERANG I DINAMIKA BANTEN
Sebanyak 30 Siswa siswi kelas 5 SDN Cikande Permai mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 secara mandiri. ANBK berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (15-16/11/2021) di salah satu ruang sekolah.
Kepala UPT SDN Cikande Permai, Hj. Munawaroh mengatakan asesmen nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dengan memakai instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter dan survei lingkungan belajar. Dalam pelaksanaannya asesmen nasional (AN) dilaksanakan memakai sistem tes berbasis komputer. Sedangkan moda tes yang bisa dipilih dengan moda tes komputer daring (online) dan semi online. “Mekanisme dan prosedur pelaksanaan AN mengacu pada Prosedur Operasional Standar (POS). Hal yang bersifat teknis dijabarkan secara rinci dalam petunjuk teknis pelaksanaan AN,”kata Hj. Munawaroh.
Dengan adanya juknis, sambung Hj. Munawaroh, semua pemangku kepentingan dapat menyelenggarakan AN dengan baik sehingga menghasilkan informasi asesmen yang bermanfaat bagi perbaikan dan kemajuan proses pembelajaran. “Alhamdulilah, hari ini, kegiatan AN di SDN Cikande Permai berlangsung lancar dan dimonitoring oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Serang, H. Aber Nurhadi,”terang Hj. Munawaroh.

Di tempat yang sama, proktor, M. Aries Budiman menjelaskan penyelenggaraan AN di SDN Cikande Permai diikuti peserta didik dari Sekolah dasar yakni SDN Cikande Permai dan ditumpangi SDN Cimasuk serta SDN Baluk. AN dilaksanakan tiga gelombang, dua sesi. Untuk gelombang pertama, tanggal 15-16 November 2021, pesertanya dari SDN Cikande Permai, dengan materi hari pertama literasi dan hari kedua numerasi, diawasi oleh pengawas ruang dari guru SDN Baluk.
Gelombang kedua, Rabu-Kamis (17-18/11/2021) pesertanya dari SDN Baluk, dengan pengawas ruang, guru SDN Cikande Permai. Sedangkan Gelombang ke tiga, Senin-Selasa (22-23/11/2021) pesertanya dari SDN Cimasuk dengan pengawas ruang guru SDN Situterate. (Mur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *