Gelaran Seleksi Calon ASN di Pemprov Banten

DBC I SERANG – Meski sempat mengajuan penundaaan namun Pemprov Banten memastikan tahap pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) tetap akan mulai dibuka hari ini, Rabu (26/9).

Pemprov juga bahkan sudah menyiapkan tempat seleksi yang berlokasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Banten di Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang.

Penjabat (Pj) Sekda Banten Ino S Rawita kepada wartawan usai menghadiri rapat persiapan hari jadi ke-18 Provinsi Banten di Kantor Badan Pendapatan Daerah Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Selasa (25/9) mengatakan, tahapan seleksi calon abdi negara tidak dilakukan penundaan meski sebelumnya pemprov telah mengajukannya.

Usulan penundaan disampaikan melalui telepon, ke sana langsung. Sama dari mana-mana juga kan mengajukan. Tidak diundur mudah-mudahan. Mudah-mudahan enggak macet lagi sistemnya. kemarin juga macet,” katanya.

Ino menjelaskan, untuk kepentingan rekrutmen CPNS sendiri pemprov sudah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya menyiapkan tempat pelaksanaan tes tertulis atau computer assisted test (CAT) di BPSDMD Provinsi Banten.

Pendaftaran langsung online ke pusat, kita tidak memfasilitasi apa-apa, jadi langsung punya pusat. Segala sesuatunya pusat, hanya kita tempat saja untuk seleksi nanti. Kita direncanakan di Badan Diklat,” ujar Ino.

Badan Diklat kata Ino memuat 800 unit komputer untuk tahapan tes tertulis. Unit akan digunakan secara bergilir oleh peserta yang diperdiksi akan membludak. Untuk mengantisipasinya, pemerintah pusat akan membagi jadwal pelaksanaan tes selama 1,5 bulan.

Disiapkan 800 komputer dari sana langsung, pengawasnya juga dari sana. Kita hanya menyiapkan tempat saja. Nantiyang pakai gantian, karena bayangkan saja satu kabupaten mungkin bisa 10.000 pendaftar,” ungkapnya.

Soal tuntutan adanya kuota khusus honorer kategori 2 (K2), Ino mengaku pemerintah pusat sudah memfasilitasinya. Bahkan pemeritah pusat juga telah menyiapkan regulasi terkait penanganan K2 di luar proses seleksi CPNS.

K2 ada dua formasinya, untuk kesehatan kan sudah dibahas oleh pusat. Diturunkan keputusan untuk K2 dan sebagainya, juga termasuk ada pendaftaran untuk kerjasama P3K (pegawai pemerintah perjanjian kontrak). Nanti teman-teman K2 bisa masuk ke wilayah sana,” tuturnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) PlBanten Komarudin mengatakan, secara kesleuruhan Banten mendapat kuota 2.971 formai CPNS untuk sembilan pemerintah daerah. Pemprov Banten 294, Kabupaten Serang 422, Kabupaten Lebak 417, Kota Cilegon 230 dan Kota Tangerang 352.

Untuk Kota Tangerang Selatan 115, Kabupaten Tangerang 427, Kabupaten Pandeglang 447 dan Kota Serang 267 orang,” ujarnya.

Menurutnya, formasi yang diberikan khususnya untuk Pemprov Banten masih jauh dari yang dibutuhkan. Sebab, pemeirntah pusat mengacu pada jumlah PNS yang pensiun di tahun ini.
Masih sangat jauh, masih mengikuti jumlah PNS yang penisun tahun ini. Inginnya sih dihitung sejak 4 tahun terakhir jika ingin zero kebutuhan,” katanya.

Seperti diketahui, adapun rincian formasi CPNS Pemprov Banten sebanyak 294 terdiri atas formasi guru sebanyak 170 orang, tenaga kesehatan 89 orang dan 35 sisanya untuk mengisi slot formasi teknis.

Informasi yang dihimpun dari situs https://sscn.bkn.go.id pendaftaran CPNS akan dibuka serentak secara nasional mulai hari Rabu (26/9). (ade gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *