800 Anak di Cimarga Lebak Menderita Stunting, Benarkah?

DBC I Lebak- Ketua  Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Banten Adde Rosi Chairunnisa menyebut 800 anak di kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak tergolong kedalam kondisi stunting atau kurang gizi Kronis.

Hal tersebut perlu dilakukan pencegahan sejak dini khususnya pada saat ibu sedang mengandung.

“Dari data yang kami terima ada hampir 800 anak menderita stunting di Kecamatan Cimarga,”kata Adde saat sosialisasi Pencegahan Stunting yang berlangsung dikampung Cilaki, Desa Marga Jaya, Kecamatan Cimarga. Kamis, 8 November 2018.

Menurutnya, pencegahan harus dilakukan dengan cara menyadarkan ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanan kepada anak maupun kandungan.

“Ya minimal ibu yang memiliki balita atau sedang mengandung tidak asal makan tanpa mempertimbangkan gizi karena itu dapat berimbas pada kesehatan anak,”jelasnya.

Adde berharap sosialisasi yang bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Propinsi Banten dapar membantu setiap ibu memilah dan memilih asupan makanan yang baik untuk anak dan kandungan.

“Wanita disaat hamil asupan gizinya perlu diperhatikan, seperti saat mengidam itu perlu dikontrol,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Lebak,  Sri Agustiani menjelaskan stunting bukanlah suatu penyakit melainkan kondisi tubuh anak yang mengalami kurang gizi kronis seperti protein dalam proporso total asupan kalori.

“Jadi stunting ini proporsi tubuh cenderung normal tetapi anak tampak lebih muda atau kecil untuk usianya dan berat badan rendah untuk anak seusianya serta pertumbuhan tulang tertunda,”katanya.

Upaya pencegahan, sambung Sri telah diupayakan Dinas kesehatan Kabupaten Lebak dengan memberdayakan bidan desa dan peningkatan pelayanan posyandu.

“Saya minta ibu lebih memperhatikan kesehatan dan seringlah ke posyandu, asupan makanan harus tetap diperhatikan,”ujarnya. (fahdi/ade gunawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *