56 Madrasah Terdampak Gempa, Kemenag Banten Serahkan Bantuan

Serang | Dinamika Banten — Berdasarkan data hasil update kementerian agama Provinsi Banten hingga hari Kamis pukul 14.00 WIB (20/1/2022), sebanyak 57 Madrasah di Provinsi Banten terdampak gempa.

Data terakhir, kerusakan terjadi pada 56 madrasah di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, di Kabupaten Pandeglang sebanyak 21 madrasah dan 35 madrasah lainnya berada di Kabupaten Lebak.

Adapun rincian madrasah yang terdampak di Kabupaten Lebak adalah sebagai berikut, 7 Madrasah Aliyah, 15 Madrasah Tsanawiyah dan 13 Madrasah Ibtidaiyah.

Sedangkan untuk di Kabupaten Pandeglang, terdiri dari 2 Madrasah Aliyah, 6 Madrasah Tsanawiyah dan 13 Madrasah Ibtidaiyah.

Kabid Pendidikan Madrasah (Penma) Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Muhtadi mengatakan, pasca terjadinya gempa tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan satuan kerja (Satker) Kemenag Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

“Kita langsung menginventarisir berapa jumlah madrasah yang terdampak gempa ini,” kata Muhtadi, pada Kamis (20/1/2022).

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman menambahkan, setelah mendapatkan laporan, Kemenag Provinsi Banten juga langsung berkoordinasi dengan Kemenag RI dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.

“Amanat dari pusat, untuk meninventarisir antara sekolah dan madrasah, negeri dan swasta, karena memang Kemenag ini banyaknya swasta,” ujarnya.

Sejauh ini, Nanang menegaskan, Kemenag Provinsi Banten telah memberikan sejumlah bantuan kepada madrasah-madrasah yang terdampak gempa tersebut.

“Bantuan ini spontanitas, tanpa komando dan jangan lihat nominal jumlahnya tapi mudah-mudahan bisa membantu,” ucapnya.

Seperti diketahui, gempa dengan kekuatan 6,7 magnitudo mengguncang Sumur, Kabupaten Pandeglang pada Jum’at 14 Januari 2022.

Gempa bumi di Sumur terasa hingga ke Jakarta, Tangerang, Bandung, Bekasi, dan seluruh daerah di Banten seperti Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Lebak.[Red/adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *