11 Siswa SMKN 4 Kota Serang Wakili Indonesia ke Latvia

SERANG I DBC – Setelah sukses menjadi juara umum Skill Contest Tingkat Nasional pada ajang Habibie Festival yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran Jakarta tahun 2017 lalu, 11 siswa SMK Negeri 4 Kota Serang kembali akan diikutertakan ada kompetisi tingkat dunia di Latvia.

“Dalam mempertahankan juara umum pada kompetisi Axioo Skill Kontes yang akan dilaksanakan di Latvia, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN 4 Kota Serang telah mempersiapkan siswa yang mampu menyongsong revolusi industri, dimana siswa harus mampu menguasai aspek teknologi yang menjadi kunci penentu daya saing,” kata Kepala SMK Negeri 4 Kota Serang, Yadi Sufyadi kepada dinamikabanten.co.od di Serang.

Yadi menjelaskan, lima teknologi utama yang menopang pembangunan sistem industry 4.0 yaitu Internet
of Things, Artificial Intelligence, Human-Machine Interface, Teknologi Robotik dan sensor, serta
teknologi 3D printing. Lima aspek tersebut sangat erat berhubungan dengan program keahlian TKJ.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah langkah yang tepat. Diantara dengan meningkatkan kualitas dan mutu program keahlian melalui standar akreditasi. TKJ berhasil meningkatkan level akreditasi C meningkat menjadi A,” kata Yadi lagi.

Yadi mengaku bahwa pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Axioo program sejak tahun 2016 sampai sekarang. Menurutnya, Axioo program
memiliki kerjasama dengan industri yang bergelut dengan teknologi informasi diantara Microsoft, Intel, MikroTik, TelView yang membantu siswa untuk meningkatkan
kompetensi berdasarkan standar industry tingkat nasional atau internasional.

Yadi juga menekankan, perlunya Penyelenggaran ujian uji sertifikasi MTCNA se Provinsi Banten yang telah digelar pada bulan desember 2018 lalu,
hal ini mendorong program keahlian TKJ untuk membuka Mikrotik Akademi di sekolah sebagai sarana untuk meningkatkan keahlian siswa di bidang jaringan komputer dan
sertifikasi mikrotik.

Dengan segala usaha dan upaya yang telah dilakukan itu, imbuh Yadi, akhirnya siswa kami berhasil menjadi Juara Umum Axioo Skill Contest 2017 dalam Habibie
Festival yang diselenggarakan pada bulan agustus 2017 di JIEXpo Kemayoran Jakarta.

“Para siswa yang menjadi juara itu, berhak atas hadiah dan paket tour mengunjungi pabrik partner Axioo dalam hal pelatihan tehnik structure cabling yang berada di Vietnam,” jelasnya.

Sebagai informasi beberapa mata lomba yang diikuti siswa diataranya; ACP Hardware Contest (Team), ACP Hardware Contest (Individu), Networking Contest (Team), Graphic Design Contest (Individu), Web Design Contest (Individu), Mobile Apps Contest (Individu)
dan tak tertinggal Peningkatan kemampuan guru dengan mengikutsertakan guru produktif untuk mengikuti
diklat yang diselenggarakan oleh keminfo bekerjasama dengan perusahaan internasional di
bidang jaringan komputer yaitu CISCO. Kegiatan tersebut bernama Digitalent Kominfo khusus untuk guru yaitu CTA (Coding Teacher Academy) serta merencanakan pembentukan mini factory bekerjasama dengan AXIOO program.

Lebih lanjut, Yadi juga memaparkan bahwa Axioo Class Program merupakan program pendidikan dalam membantu siswa SMK menjadi siap kerja dan sesuai dengam kebutuhan industri lewat program sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru, pembelajaran berbasis IT serta validasi sertifikasi bertaraf internasional.

“Axioo class program di SMKN 4 Kota Serang ini bergulir sejak 2015, dan sampai saat ini sudah ada dua angkatan kelas Axioo yaitu kelas X yang berjumlah 31 orang dan kelas XI berjumlah 29 orang. Dalam proses pembelajarannya setiap siswa memiliki notebook masing – masing,” tarang Yadi.

Yadi menjelaskan, bahwa tujuan dari Axioo Class Program yaitu untuk membantu para siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) agar menjadi lulusan yang siap kerja.

“Program ini berupa pemberian pelatihan berbasis kompetensi industri, belajar memperbaiki produk-produk Axioo, dan juga praktek kewirausahaan,” jelasnya.

Selain itu, kata Yadi Axioo Class Program juga menggunakan konsep tutor sebaya, dimana para siswanya juga diarahkan untuk mengajarkan satu sama lain.

“Alhamdulillah di SMKN 4 Kota Serang ini sudah mempunyai tutor sebaya yaitu Taufik Hidayat yang dimana tutor sebaya tersebut dapat memberikan materi dan pelatihan untuk sekolah – sekolah binaan Axioo,” uangkap Yadi.

Selanjutnya, Yadi menuturkan khusus Axioo class program di SMKN 4 Kota Serang, untuk para siswanya sudah mampu memberikan pelatihan bagi siswa – siswi SMP atau sederajat mengenai perkembangan dan perakitan computer/notebook serta coding android, dan juga memberikan prestasi yang membanggakan diantaranya juara tiga lomba cipta game nasional yang diselenggarakan di Jakarta dan lomba – lomba lainya yang diselenggarakan oleh pengurus atau universitas.

“Dengan adanya program Axioo class diharapkan siswa dan sekolah mampu bersaing untuk meningkatkan kompetensinya,” pungkasnya. (adg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *